Cara Menambahkan Plug-in Al - Quran ke Microsoft Word

Bagi Anda yang ingin menambahkan plug in tulisan Al-Quran pada aplikasi Ms. Word ver 2000, 2002 (XP), 2003, 2007 atau lebih anda dapat menginstal plug in Al-Quran yang bernama SetupQuranInWordInd1.3.
Bagaimana caranya? berikut langkah-langkahnya:

1. Download Plug In Al-Quran disini.

2. Extract file hasil download tersebut (SetupQuranInWordInd1.3.zip) kemudian lakukan instalasi.

3. Buka dokumen baru Ms. Word (saya memakai Ms. Word ver 2007) kemudian lihat di deretan menu bar (paling atas) disebelah kanan ada menu Add-Ins, klik saja menu tersebut.


Penjelasan gambar di atas::
Menu Get Arabic+Translation maksudnya jika Anda ingin menyisipkan ayat Al-Quran berikut terjemahannnya (banyaknya terjemahan tergantung terjemahan tambahan yang Anda pasang defaultnya Bhs. Indonesia), jika ingin menambahkan tejemahan Bhs. Inggris klik disini kemudian extract dan copy-kan file tersebut pada folder Quran_in_Word (C:\Program Files\Common Files\Quran_in_Word).
Menu Get Arabic maksudnya jika Anda ingin menyisipkan ayat Al-Qurannya saja.
Menu Get Translation maksudnya jika Anda ingin menyisipkan Terjemahannya saja.

4. Contoh saya pilih menu Get Arabic+Translation, akan tampil jendela seperti gambar di bawah.


5. Pilih nama Surat yang mau disisipkan, mulai dari Ayat berapa sampai dengan berapa, tentukan juga besarnya huruf pada Font Size dan pilih Indonesia pada bagian Translation. Jangan lupa centang kotak check Unicodemaksudnya jika dokumen Anda di copy ke temen tapi belum terinstal Plug in Al-Quran hurufnya akan tetap terbaca jadi tidak akan berubah menjadi simbol-simbol.

6. Langkah terakhir tekan tombol OK, hasilnya lihat gambar ini.


Keterangan:
Di versi yang terbaru ini (Qur’an in word 1.3) tulisan Arab-nya dapat di set menjadi standar Unicode sehingga tulisannya lebih standar dan dapat dicopy paste-kan ke berbagai aplikasi pengolah kata.

Situs resminya: http://myquran.org/msword/

0 komentar:

thanks ~ i'll reply soon

Copyright © 2014 go!Blog.