Perbedaan FreeBSD dan CentOs


Hari ini, saya ingin menjelaskan persamaan, perbedaan dan rincian dari beberapa sistem berbasis Unix yang paling populer operasi yang tersedia, seperti dilambangkan dalam judul posting ini.


Untuk memulai, saya membahas beberapa hal masing-masing memiliki kesamaan. Setiap sistem operasi didasarkan pada Sistem Operasi Enterprise tingkat Unix dan sangat banyak cocok untuk menjalankan Web Server atau jenis lain dari server. Mereka semua memiliki perangkat lunak yang sama tersedia bagi mereka. Anda dapat mengkompilasi apa pun dari sumber atau menginstal paket biner. Beberapa contoh paket tersebut adalah Apache, PHP, MySQL dan Exim.


Beberapa perbedaan utama antara 3 adalah bahwa FreeBSD menggunakan kernel yang berbeda dan userland (perintah umum / aplikasi seperti ls dan kerang) dari CentOS dan Fedora Core. FreeBSD umumnya lebih mudah untuk mengkompilasi ulang. Ada sebuah file teks sederhana yang dapat diedit untuk mengubah modul kernel. Driver yang dikelompokkan menurut jenis. Dengan Linux, mereka juga memiliki antarmuka berbasis ncurses untuk melakukan hal ini. Hal ini dikelompokkan menurut jenis driver. Keduanya memiliki banyak tutorial tentang cara untuk melakukan ini. Baik Linux dan FreeBSD memiliki deskripsi yang baik dari apa setiap driver tidak. Hal ini sangat membantu dalam menambahkan modul baru. Beberapa modul ini meliputi fungsionalitas VPN, firewall, dan sistem file.


Ada juga perbedaan besar dengan lisensi yang digunakan antara keduanya. FreeBSD menggunakan lisensi BSD dan distribusi Linux, seperti CentOS dan Fedora, menggunakan lisensi GNU GPL. GPL pada dasarnya mengatakan Anda dapat menggunakan kode sumber kami dan memodifikasi, tetapi Anda harus kembali melepaskan memodifikasinya. Dengan lisensi BSD Anda dapat mengambil kode sumber, memodifikasi dan akhirnya menjualnya. Lisensi ini juga dapat digunakan untuk perangkat lunak yang Anda buat, bukan hanya Sistem Operasi. Berikut adalah salinan dari lisensi BSD dari website FreeBSD, http://www.freebsd.org/copyright/license.html. Berikut ini adalah salinan dari GNU GPL http://www.gnu.org/copyleft/gpl.html. Ada banyak perdebatan mengenai mana yang lebih baik. Kami di sini di singlehop tidak memiliki preferensi tertentu sejauh ini lisensi pergi.


FreeBSD juga merupakan Sistem Operasi berbasis sumber. Cara terbaik untuk patch itu adalah untuk mengkompilasi ulang dari sumber. Hal ini memungkinkan Anda untuk memastikan binari anda aman. Anda juga dapat mengaktifkan optimasi CPU tertentu saat ini. Hal ini dapat meningkatkan stabilitas server Anda.


CentOS dan Fedora adalah distribusi biner. Mereka juga melepaskan sumber, tetapi mereka rilis update biner biasa. Pembaruan ini mengatasi masalah keamanan, masalah stabilitas dan versi terbaru dari perangkat lunak. Pembaruan ini sangat penting untuk menjalankan server Anda secara efektif. Jika Anda tidak memperbarui server Anda, bisa menjadi tidak stabil, atau lebih buruk lagi, dikompromikan. Ini adalah mengapa kami sarankan mendaftar untuk Keamanan dan update OS. Memperbarui server Anda adalah bagian penting dari keamanan dan stabilitas. Ini bahkan berlaku untuk Server Dedicated Windows kita. Dengan Keamanan dan update OS, kita menggunakan staf ahli kami untuk menangani tugas-tugas untuk Anda.


Ada dua perbedaan utama antara CentOS dan Fedora. CentOS didasarkan pada distribusi Enterprise-level, yang dirilis oleh sebuah perusahaan bernama RedHat. Ini adalah salah satu distribusi Linux utama dan banyak aplikasi seperti Oracle dan VMWare khusus keluar dari jalan mereka untuk mendukung distribusi ini. Fedora adalah distribusi lain yang disponsori oleh RedHat. Ini adalah distribusi RedHat tes mana fitur-fitur baru yang akhirnya dapat membuat jalan mereka ke RedHat Enterprise Linux.


CentOS 4.0 dirilis pada 2005/03/02. Versi Sistem Operasi akan didukung sampai 2012/02/29. Ini berarti bahwa CentOS 4.0 akan memiliki sekitar 7 tahun patch yang akan dirilis. Pembaruan penuh untuk versi 4.0 berlari sampai Febuary 29, 2008, sehingga sekarang dalam Tahap Pembaruan Pemeliharaan. Ini berarti bahwa masalah keamanan hanya perbaikan dan misi pilih kritis akan dirilis. Anda mungkin menyadari bahwa server Anda telah diupgrade ke CentOS 4,6 pada instalasi 4.0 sebelumnya. Ini normal dan disebabkan oleh rilis beberapa minor.


Fedora Core 5 dirilis pada 2006/03/20. Hal ini didukung sampai 2007/06/29. Ini adalah secara signifikan lebih pendek dari umur CentOS. Fedora tidak memiliki rilis kecil antara yang utama, memperpendek masa hidup instalasi yang didukung. Ini berarti Anda harus benar-benar melakukan upgrade Operating utama Sistem lebih cepat. Ini bisa menjadi hal yang buruk untuk sebuah server. Jika Anda memiliki lingkungan produksi, Anda ingin OS yang akan didukung selama mungkin. Hal ini menjamin stabilitas bagi lingkungan Anda.


FreeBSD 6.0 Rilis cabang dirilis pada 2005/11/04. Ini akan didukung sampai 2010/01/31. Anda mungkin perlu meng-upgrade rilis minor pada FreeBSD 6,0-6,1 to 6,2-6,3 untuk hal ini benar, namun.


Semua dalam semua, semakin lama Anda atau Distribusi Sistem Operasi didukung, semakin lama Anda harus pergi sebelum menginstal ulang atau upgrade besar. Ini memastikan bahwa Anda akan selalu memiliki platform yang stabil untuk aplikasi apapun yang ingin Anda jalankan.

1 komentar:

thanks ~ i'll reply soon

Copyright © 2014 go!Blog.