Juniper Router


Hardware Overview

Semua model router Juniper terdiri dari dua componants utama: Sebuah Mesin Routing dan Engine Forwarding paket. Engine Routing adalah pisau tunggal atau unit yang dihubungkan ke sasis. Ia melakukan perhitungan rute dan fungsi sistem manajemen (seperti menjalankan user interface). Engine Forwarding paket terdiri dari beberapa unit termasuk kartu antarmuka fisik (PICs), fleksibel pic konsentrator (FPCs), kartu controller (SCB dalam M40, dan SSB di M20), backplane, dan kerajinan (atau chassis ) inteface.
Untuk mengganti mesin routing atau kartu pengendali, router harus dihentikan dan dimatikan. PICs dan FPCs dapat ditambahkan atau diganti tanpa mematikan router keseluruhan turun. Jika sebuah FPC perlu dihapus dari chasis (untuk menambahkan atau swap PICs, atau untuk mengganti FPC), pertama kali harus diambil offline. Anda dapat mengambil modus offline FPC dengan tombol "offline" pada interface kerajinan, atau dengan perintah CLI sesuai. Teknik IP harus diberitahu dan / atau berkonsultasi kapan saja perangkat keras yang perlu ditambahkan atau diganti.
Untuk informasi lebih lanjut tentang hardware Juniper Juniper lihat dokumentasi instalasi hardware.


Software Overview

Saat ini Juniper perangkat lunak adalah sama pada semua platform perangkat keras resmi. Ini pada dasarnya adalah sistem operasi unix dengan daemon kernal dan beberapa melakukan berbagai fungsi. "Show version" akan menunjukkan versi software dari kernel dan daemon. Teknik IP menangani semua masalah perangkat lunak Juniper.

CLI Navigation

CLI ini beroperasi dalam dua mode: mode perintah dan mode konfigurasi. Ketika Anda login ke juniper remote maka Anda akan ditempatkan ke modus perintah. Pada mode command prompt anda akan diakhiri dengan ">". Untuk memasuki mode konfigurasi, ketik "configure". Dalam mode konfigurasi promp Anda berakhir dengan "#". Dalam modus konfigurasi, anda dapat menjalankan non-konfigurasi dengan mengetikkan perintah "run" diikuti dengan perintah. Ketik "exit" untuk kembali ke modus perintah.
Perintah penyelesaian dan bantuan yang tersedia di kedua mode CLI. Menekan tab atau spasi akan menyelesaikan perintah apapun Anda mungkin mengetik, atau memberikan kesalahan jika tidak ada penyelesaian yang valid tersedia. Mengetikkan "?" Pada titik tertentu akan memberikan semua penyelesaian tersedia atau perintah. Bantuan yang lebih lengkap tersedia menggunakan "bantuan" perintah. Hal ini memberikan akses ke pengguna di-line. "Membantu referensi" memberikan bantuan konfigurasi dan "topik bantuan" memberikan bantuan lebih generik untuk topik tingkat yang lebih tinggi.

Konfigurasi

Kebanyakan Juniper konfigurasi harus dilakukan dengan menggunakan alat konfigurasi. Tidak seperti konfigurasi Cisco, Juniper konfigurasi dapat dibuat aktif langsung dari server config. Ini hampir seluruhnya menghilangkan kebutuhan untuk mengkonfigurasi router menggunakan CLI. Namun, masih berguna untuk dapat menavigasi modus konfigurasi CLI ini karena memungkinkan Anda untuk melihat konfigurasi adalah bagian kecil dan memungkinkan Anda untuk membuat perubahan sementara (seperti meletakkan loop pada antarmuka untuk tujuan pemecahan masalah).
Konfigurasi ini berorientasi objek - untuk non-coders, ini berarti bahwa itu heirarchical dan memiliki banyak kurung kurawal. Bagian utama adalah sebagai berikut:
sistem otentikasi pengguna berisi informasi, layanan, syslog, ntp, dan pengaturan sistem lain yang luas
interfaces berisi konfigurasi antarmuka fisik dan logis. Catatan: "inet keluarga", yang berisi alamat ip, berada di bawah hirarki logis "unit"
routing information  berisi pilihan rute statis dan AS dan informasi konfederasi
ProTools berisi konfigurasi protokol routing untuk BGP, OSPF, isis, dll
Policy berisi kebijakan routing, kebijakan peredam, keanggotaan masyarakat, dan sebagai-jalan definisi
Untuk melihat masing-masing bagian dari konfigurasi, gunakan "show context". Berikut adalah beberapa contoh:

[edit]
usr@routerg# show interfaces so-1/2/2
description “University Sonet - local wire”;
keepalives;
clocking internal;
encapsulation cisco-hdlc;
sonet-options {
fcs 16;
payload-scrambler;
}
unit 0 {
family inet {
address 192.168.3.1/30;
}
}


Anda dapat menggunakan konteks sebanyak atau sesedikit yang Anda butuhkan. Jika Hanya ingin memverifikasi alamat untuk antarmuka di atas, lakukan ini:


[edit]
usr@routerg# show interfaces so-1/2/2 unit 0 family inet
address 192.168.3.1/30;


Baris di atas prompt memberitahu Anda lokasi Anda dalam hirarki config. Untuk mengubah konteks Anda, gunakan "edit" perintah:

[edit]
usr@routerg# edit interfaces so-1/2/2
[edit interfaces so-1/2/2]
usr@routerg#

"Up" akan membawa Anda naik satu tingkat hirarki, dan "atas" akan membawa Anda kembali ke puncak hirarki tersebut.
Jika Anda merasa perlu untuk membuat perubahan sementara untuk konfigurasi (sesuatu yang tidak dimaksudkan untuk bertahan lebih dari satu jam atau lebih), Anda dapat melakukannya melalui modus konfigurasi CLI. Untuk semua perubahan lain anda harus menggunakan alat.
Untuk mengubah konfigurasi menggunakan "set" dan "delete" perintah. Bila Anda mengubah konfigurasi, Anda benar-benar mengubah "kandidat" config, bukan config activce. Untuk membuat calon konfigurasi aktif Anda perlu menjalankan "melakukan". Berikut ini adalah contoh dari pengaturan loopback pada antarmuka SONET:

[edit interfaces so-1/2/2]
usr@routerg# set sonet-options loopback remote
[edit interfaces so-1/2/2]
usr@routerg# show sonet-options
fcs 16;
loopback remote;
payload-scrambler;
[edit interfaces so-1/2/2]
usr@routerg# commit
commit complete

Berikut ini menunjukkan loop yang dihapus:

[edit interfaces so-1/2/2]
usr@routerg# delete sonet-options loopback
[edit interfaces so-1/2/2]
usr@routerg# show sonet-options
fcs 16;
payload-scrambler;
[edit interfaces so-1/2/2]
usr@routerg# commit

usr @ routerg # melakukan
berkomitmen menyelesaikan
Jika Anda membuat kesalahan, Anda dapat memuat konfigurasi yang benar dari server config dan komit itu, atau Anda dapat menggunakan "rollback" perintah untuk memulihkan konfigurasi sebelumnya (sebelum komit terakhir) dan komit itu. Kedua metode ini juga bekerja untuk membatalkan perubahan sementara.

Troubleshooting

Perintah berikut akan berguna untuk  Troubleshooting . Anda dapat menemukan lebih banyak perintah dalam buku manual Juniper.

Command Notes

show interfaces terse shows a list of all interfaces and their status
show interfaces descriptions shows a list of all interfaces and their configured descriptions
show interfaces intfc [extensive] shows specific interfaces statistics. Using “extensive” will show very detailed statistics which can be a great help in circuit troubleshooting
show bgp summary lists all configured bgp sessions and their status
show route prefix [terse] shows routing information for the givin prefix. Note that inet.0 is the unicast rib and probably the one you’re most concerned with. Using “terse” may make the routing information a bit easier to read.
show route receive-protocol bgp neighbor shows all routes received via bgp from the given neighbor
ping destination [rapid] pings the given destination address. Using “rapid” will send only 5 pings and give the output in a cisco-like format. Otherwise, the ping continues until it receives a break and gives the output in a unix-like format.
ping destination bypass-routing Will cause the ping to be sourced from the interface it exits rather than the loopback interface.

0 komentar:

thanks ~ i'll reply soon

Copyright © 2014 go!Blog.